Perlukah Bayi Mengonsumsi Probiotik?

Probiotik adalah bakteri baik yang diperlukan untuk kesehatan saluran pencernaan. Yuk, temukan manfaat probiotik untuk bayi, cara penggunaannya, dan produk yang tepat untuk diberikan pada bayi Anda!

0
177
baby yawning and lying on bed
Bayi yang sedang menguap. Photo by Irina Murza on Unsplash

Probiotik adalah bakteri baik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Yuk, temukan manfaat probiotik untuk bayi, cara penggunaannya, dan produk yang tepat untuk diberikan pada bayi Anda!

Melihat Si Kecil tumbuh sehat tentunya bisa membuat Ibu bahagia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ibu harus memperhatikan pertumbuhan, perkembangan, serta nutrisi yang cukup pada Si Kecil. Nutrisi yang dikonsumsi bayi usia 0 – 6 bulan berasal dari ASI (Air Susu Ibu) dan/atau susu formula. Bayi yang masih menyusui memiliki perlindungan alami terhadap penyakit, karena ASI atau susu formula mengandung bakteri baik atau probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik pada kesehatan.

Peran probiotik pada bayi adalah untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan, menstimulasi pertumbuhan sel-sel usus yang sehat, melapisi dinding usus, menjaga proses metabolisme dan meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik jika diberikan pada bayi prematur dapat menurunkan risiko terkena Enterokolitis Nekrotikans, yaitu kondisi dimana usus besar atau usus halus bayi mengalami peradangan yang bisa menyebabkan kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan medis. Namun perlu diingat bahwa pemberian probiotik pada bayi, khususnya bayi prematur perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Peran probiotik pada bayi adalah untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan, menstimulasi pertumbuhan sel-sel usus yang sehat, melapisi dinding usus, menjaga proses metabolisme dan meningkatkan kekebalan tubuh

Probiotik berdasarkan kandungannya terbagi menjadi dua yaitu, probiotik single strain dan multi strain. Probiotik single strain terdiri dari 1 strain bakteri asam laktat yang memiliki efektivitas hanya terhadap bakteri patogen tertentu, sedangkan probiotik multi strain terdiri dari 2 atau lebih strain bakteri asam laktat yang dikombinasikan dan dapat bekerja dalam menghambat semua bakteri patogen dalam tubuh. Jenis bakteri asam laktat yang umum digunakan dalam probiotik adalah genus Lactobacillus dan Bifidobacteruim.

Jika bakteri di usus bayi tidak seimbang, maka dapat menyebabkan :
• Masalah pencernaan seperti konstipasi atau diare,
• Masalah sistem kekebalan tubuh seperti mudah terserang flu, demam dan penyakit lainnya,
• Masalah kulit seperti eksim, peradangan kulit pada, dan bahkan jerawan.

Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan probiotik pada bayi. Menyusui merupakan cara terbaik menjaga usus bayi agar tetap sehat, karena dalam ASI mengandung probiotik alami dan senyawa Imunoglobin A (IgA) yang membantu menutup lapisan usus. Selain ASI, probiotik bisa ditemukan pada beberapa jenis susu formula untuk Ibu yang tidak dapat menyusui. Tetapi, untuk bayi usia di atas 6 bulan (sudah boleh diberikan makanan pendamping ASI), Ibu dapat menambahkan makanan yang di fermentasikan secara alami ke dalam makanannya seperti yoghurt. Ketika balita (sudah boleh diberikan makanan padat) dapat diberikan makanan yang difermentasikan juga seperti tempe, keju, yoghurt, kecap, dll. Sumber probiotik lainnya dapat ditemukan dalam suplemen yang mengandung probiotik. Untuk Ibu yang sedang menyusui disarankan mengonsumsi suplemen probiotik untuk meningkatkan flora bakteri di kolostrum dan ASI.

Ada beberapa jenis suplemen probiotik yang beredar di pasaran, mulai dari tablet kunyah. serbuk, hingga cair. Biasanya suplemen probiotik yang ditunjukkan untuk bayi berbentuk cair atau serbuk. Salah satunya adalah Interlac Biogaia Probiotic Powder dan Interlac Probiotic Drops. Suplemen probiotik ini memiliki kandungan Lactobacillus reuteri Protectis yg baik untuk bayi baru lahir, bayi prematur, hingga bayi usia 12 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lactobacillus reuteri Protectis dapat membantu dalam gangguan pencernaan fungsional seperti kolik, regurgitasi (naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual), sembelit, diare, gumoh dan nyeri perut. Aturan penggunaannya adalah larutkan Interlac Biogaia Probiotic Powder dalam sedikit air, dan disarankan menggunakan sendok (bisa dicampurkan ke dalam makanan dan susu tetapi harus dihabiskan seluruhnya).

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan suplemen probiotik pada Si Kecil. Anda bisa mendapatkan suplemen probiotik di Vitamin Diskon atau dapat melalui IG @vitamindiskon.

Referensi :
Lenfestey, M. W., & Neu, J. (2017). Probiotics in Newborns and Children. Pediatric Clinics of North America, 64(6), 1271–1289. doi:10.1016/j.pcl.2017.08.006
Probiotics and the prevention of necrotizing Enterocolitis. (2018). Journal of Pediatric Surgery. doi:10.1016/j.jpedsurg.2018.08.055