Nutrisi yang Tepat untuk Ibu Hamil

Ada berbagai macam nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil agar kesehatan janin dan ibu optimal. Namun, nutrisi apa saja yang tepat untuk ibu hamil? Dari manakah ibu hamil bisa mendapatkannya?

0
193
Pregnant woman with notes on her belly.
Ibu hamil dengan post-it note di perutnya. Background photo created by freepik - www.freepik.com

Ada berbagai macam nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil agar kesehatan janin dan ibu optimal. Namun, nutrisi apa saja yang tepat untuk ibu hamil? Dari manakah ibu hamil bisa mendapatkannya?

Nutrisi atau gizi adalah unsur organik yang dibutuhkan manusia untuk menjalankan fungsi dari sistem tubuh, pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan kesehatan. Pada dasarnya, dari mulai janin hingga lansia membutuhkan nutrisi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Zat Gizi Makro
    Zat gizi makro adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah besar untuk bertahan hidup. Zat gizi makro terdiri dari Karbohidrat, Protein dan Lemak yang dapat menghasilkan energi. Zat gizi makro termasuk nutrisi esensial yaitu nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan dapat diperoleh dari makanan.
  2. Zat Gizi Mikro
    Zat gizi mikro adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi – fungsi fisiologis. Zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yang juga termasuk nutrisi esensial.
Beef, Chicken fillet, Nuts, Apple, Salmon, Eggs and Vegetebales on a Square Coaster
Makanan yang merupakan sumber nutrisi mikro dan makro.

Nutrisi – nutrisi tersebut adalah faktor penting yang mempengaruhi kesehatan manusia terutama bagi janin dan ibu hamil. Nutrisi tersebut dapat berperan dalam mempengaruhi tumbuh kembang janin, karena nutrisi yang tepat dan seimbang akan mendukung perkembangan otak, sistem daya tahan tubuh dan pertumbuhan janin sejak dalam kandungan agar tetap optimal. Berikut nutrisi yang tepat untuk ibu hamil :

Zat Gizi Makro :

  1. Karbohidrat, atau disebut juga zat tenaga, karena merupakan sumber tenaga utama yang menghasilkan energi. Karbohidrat bagi ibu hamil berfungsi untuk membantu proses pembentukan plasenta, pertumbuhan janin, pembuluh darah, perubahan metabolisme dan terdapat cadangan lemak. Sumber karbohidrat adalah nasi putih, nasi merah, mie, bihun, dll.
  2. Protein, atau disebut juga zat pembangun dan zat pengatur guna memastikan pertumbuhan janin yang optimal, termasuk pertumbuhan otaknya. Selain itu, protein dapat menjaga agar aliran darah ibu hamil tetap baik sehingga asupan nutrisi janin pun terjaga.
    Protein terdiri dari protein hewani dan protein nabati. Sumber protein nabati adalah kacang – kacangan, tempe, tahu, oncom, dll. Sumber protein hewani adalah daging ayam, daging merah, ikan, udang, dll.
  3. Lemak, atau disebut juga zat tenaga karena satu gram lemak dapat dibakar untuk menghasilkan energi sebagai sumber tenaga. Pada ibu hamil lemak diperlukan juga untuk membantu perkembangan otak dan mata janin, baik sebelum maupun setelah lahir, membantu pertumbuhan plasenta sehingga mencegah bayi lahir prematur atau berat badan lahir rendah.
    Lemak yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jenis lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 yang mengandung EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid), dan asam lemak omega-6. Asam lemak tersebut terdapat di minyak zaitun, minyak ikan, minyak jagung, serta kacang – kacangan.

Zat Gizi Mikro :

  1. Kalsium (Ca), adalah mineral yang diperlukan bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko osteoporosis dan mengurangi risiko pre-eklampsia selama kehamilan, sedangkan bagi bayi untuk pembentukan tulang dan gigi dan pembentukan jantung, saraf, dan otot. Sumber kalsium yang tepat bagi ibu hamil terdapat pada susu, yogurt, kacang almond, keju, sayuran hijau, alpukat, dll.
  2. Zat Besi (Fe), adalah mineral yang beperan penting bagi ibu hamil untuk menjaga kualitas kesehatan sel darah merah, mencegah anemia, dan mengurangi risiko melahirkan prematur. Sedangkan bagi bayi dapat membantu perkembangan dan fungsi otak yang baik, serta tumbuh kembang yang optimal. Sumber zat besi yang tepat bagi ibu hamil terdapat pada sayuran hijau (bayam), brokoli, kacang – kacangan, kuning telur, daging merah, hati, daging ayam, ikan, anggur, dll.
  3. Asam Folat, adalah vitamin yang juga penting bagi ibu hamil untuk mencegah kelahiran prematur, membantu produksi DNA dan sel – sel tubuh, serta mencegah risiko penyakit jantung dan stroke. Sedangkan bagi bayi dapat mengurangi risiko terjadinya Neural Tube Defect yaitu cacat bawaan yang timbul akibat tidak sempurnanya penutupan Neural Tube (tabung saraf) selama pertumbuhan embrional. Sumber asam folat yang tepat bagi ibu hamil adalah sayuran hijau, asparagus, brokoli, jeruk, kacang merah, roti gandum dan sereal.

5 Rekomendasi Suplemen bagi Ibu Hamil

Nutrisi yang tepat bagi ibu hamil dapat ditemukan dari makanan, namun jika asupan nutrisi dari makanan tidak tercukupi, maka ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen yang diformulasikan khusus agar nutrisi penting tetap tercukupi selama masa kehamilan. Berikut rekomendasi suplemen yang tepat untuk ibu hamil :

  • BLACKMORES I-FOLIC BPOM KALBE, khusus diformulasikan untuk wanita yang sedang merencanakan proses kehamilan dan ibu hamil yang tidak memperoleh tingkat yodium dan asam folat yang memadai dalam makanan mereka. Untuk memberikan hasil yang optimal bagi kehamilan, mereka dapat mengonsumsi dari sampai 5 bulan sebelum konsepsi.
  • NORDIC NATURALS PRENATAL FISH OIL, suplemen yang mengandung vitamin D3 400IU dan omega 3 830mg guna mendukung kesehatan ibu hamil dan janinnya, untuk perkembangan otak, mata, dan sistem saraf bayi.
  • NATURES PLUS FOLIC ACID, suplemen dengan kandungan asam folat 400mcg, vitamin B6 5mg, dan vitamin b12 15 mcg untuk membantu kesehatan jantung, pencernaan, saraf, mulut, serta kulit, dan dapat mencegah serta mengobati anemia.
  • HERBANA RELIEF SARI DAUN KATUK, mengandung senyawa aktif yang merangsang pembentukan ASI secara alami pada ibu menyusui. Menurut penelitian, Daun Katuk juga efektif dalam mengobati anemia yang diakibatkan dari kekurangan zat besi. Cara aman dan efektif untuk mendukung produksi ASI adalah dengan ekstrak daun Katuk.

Anda bisa mendapatkan suplemen untuk ibu hamil yang asli di Vitamin Diskon atau dapat melalui IG @vitamindiskon.

Referensi :
De Seymour, J. V., Beck, K. L., & Conlon, C. A. (2019). Nutrition in pregnancy. Obstetrics, Gynaecology & Reproductive Medicine. doi:10.1016/j.ogrm.2019.04.009
Manta-Vogli, P. D., Schulpis, K. H., Dotsikas, Y., & Loukas, Y. L. (2019). The significant role of carnitine and fatty acids during pregnancy, lactation and perinatal period. Nutritional support in specific groups of pregnant women. Clinical Nutrition. doi:10.1016/j.clnu.2019.10.025