Mengenal Bilberry dan Khasiatnya untuk Kesehatan Mata

Bilberry atau yang biasa disebut dengan Europan Bilberry (Vaccinium myrtillus L.) merupakan buah berukuran kecil dan berwarna biru tua yang mirip dengan buah blueberry dan cranberry. Buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan dikenal dapat menjaga kesehatan mata.

0
330
Ripe blueberry and green leaves in cup
Buah bilberry di dalam mug. Background photo created by freepik - www.freepik.com

Tahukah kamu apa itu buah Bilberry? Bilberry atau yang biasa disebut dengan Europan Bilberry (Vaccinium myrtillus L.) merupakan buah berukuran kecil dan berwarna biru tua yang mirip dengan buah blueberry dan cranberry. Buah ini dapat dimakan secara langsung dan memiliki rasa yang enak serta segar ketika dimakan, sari buah bilberry juga dapat dijadikan selai dan pai.

Buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan, antikarsinogenik, anti radang, antibakteri, antimutagenik dan antiproliferasi. Buah bilberry dikenal dapat menjaga kesehatan mata, lho!

Buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan, antikarsinogenik, anti radang, antibakteri, antimutagenik dan antiproliferasi. Buah bilberry dikenal dapat menjaga kesehatan mata.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah Bilberry :

  1. Berbagai mineral penting seperti, Kalium, Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Sodium.
  2. Berbagai vitamin seperti, Vitamin B1, B2, dan B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin K, dan Biotin.
  3. Antioksidan Flavonol dan Antosianin yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker serta penyakit jantung.
  4. Beta karoten yang tinggi, khususnya Lutein, yang sudah terbukti dapat menjaga kesehatan mata.

Buah bilberry juga kerap digunakan untuk meredakan sakit perut, diare, muntah-muntah, menurunkan demam hingga melancarkan peredaran darah sejak abad pertengahan di Eropa. Karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mengonsumsi buah bilberry atau suplemen dengan ekstrak bilberry untuk mendukung kesehatan Anda.
Berikut adalah rekomendasi suplemen yang mengandung ekstrak bilberry yang baik untuk kesehatan Anda :

  1. NUTRIMAX BILBERRY EXTRACT UNTUK KESEHATAN MATA, mengandung ekstrak bilberry sebanyak 110 mg yang mengandung minimal 25% Antosianin. Suplemen ini dapat membantu mencegah dan membantu mneyembuhkan berbagai masalah mata (iritasi, infeksi, radang, mata lelah, merah, pedih, gatal, glaukoma, katarak, rabun senja dsb). Mengoptimalkan fungsi retina agar dapat menangkap cahaya dengan baik dan menjaga kebutuhan kornea mata dan membantu meningkatkan sirkulasi darah mikro, suplai oksigen, dan nutrisi ke mata.
  2. WELLNESS OCU CARE FOR HEALTHY EYES, berfungsi untuk memelihara kesehatan mata secara keseluruhan agar penglihatan tetap terang dan jelas. Suplemen ini dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi kesehatan mata secara keseluruhan termasuk kesehatan retina dan kornea. Manfaat lainnya dari konsumsi Wellness Ocu Care For Healthy Eyes adalah melancarkan peredaran darah, membantu radang mata, memperbaiki sel – sel yang rusak serta membantu mencegah timbulnya glukoma dengan mengurangi tekanan dalam bola mata. Wellness Ocu Care For Healthy Eyes mengandung ekstrak Bilberry, lutein dan biji anggur.
  3. NATURES HEALTH VISI HEALTH, mengandung ekstrak Bilberry, ekstrak Eyebright, dan Lutein. Kandungan ekstrak Bilberry berfungsi menghambat dan membantu mengatasi degenerasi mata. Kandungan ekstrak Eyebright berfungsi untuk membantu mengatasi mata lelah, dan kandungan Lutein berfungsi sebagai antioksidan.

Anda bisa mendapatkan suplemen dengan ekstrak bilberry di Vitamin Diskon atau dapat melalui IG @vitamindiskon.

Referensi :
Zoratti, L., Klemettilä, H., & Jaakola, L. (2016). Bilberry ( Vaccinium myrtillus L.) Ecotypes. Nutritional Composition of Fruit Cultivars, 83–99. doi:10.1016/b978-0-12-408117-8.00004-0