Kunyit, Si Bumbu Masak yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

Kunyit (Curcuma longa L.) adalah tanaman yang biasa tumbuh di daerah Asia Tenggara dan seringkali dikenal sebagai bumbu masak dan pewarna makanan, namun tahukah kamu, bahwa kunyit ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Yuk, kita bedah khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan!

0
158
picture of curcumas being laid out
Curcuma. Photo by FOODISM360 on Unsplash

Kunyit (Curcuma longa L.) adalah tanaman yang biasa tumbuh di daerah Asia Tenggara dan seringkali dikenal sebagai bumbu masak dan pewarna makanan, namun tahukah kamu, bahwa kunyit ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Yuk, kita bedah khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan!

Kunyit memiliki kandungan antioksidan, analgesik, antijamur, antivirus, antiseptik, dan antiperadangan. Kunyit juga dipercaya dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan (Anand et al., 2010; Hayakawa et al., 2011). Saat ini, kunyit sedang diteliti dan dikembangkan khasiatnya karena berpotensi untuk dijadikan obat alzheimer, diabetes, gangguan organ hati dan ginjal, penyakit kardiovaskular, serta beberapa jenis kanker.

Kandungan antiperadangan dan terapeutik dari kunyit telah terbukti dapat mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan seperti, infeksi yang disebabkan oleh H. pylori, tukak lambung, sindrom iritasi bowel besar (IBS), dan radang usus kronis.

Selain itu, kunyit ternyata dapat mencegah bronkitis pada pasien yang memiliki asma. Kunyit juga dapat memberikan efek terapeutik pada kulit, khususnya yang memiliki masalah eksim, psoriasis, vitiligo, dan berjerawat.

Menurut percobaan klinis yang dilakukan pada tahun 2009 dan 2011, kunyit terbukti memiliki senyawa antikarsinogenik yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker usus besar, pankreas dan payudara. Kunyit juga dapat meningkatkan kinerja memori dan memperbaiki mood.

curcuma made into medicines.
Curcuma sebagai obat.

Meskipun baik untuk kesehatan, mengonsumsi kunyit secara berlebihan dikhawatirkan dapat mengakibatkan penyakit refluks atau GERD. Bagi mereka yang memiliki penyakit batu ginjal dan diabetes juga harus berhati-hati dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi kunyit, pasalnya mengonsumsi kunyit secara berlebihan dapat meningktakan resiko hipoglikemia pada penderita diabetes. Konsumsi kunyit dalam dosis tinggi juga bisa menurunkan kadar testosteron dan mencegah penyerapan zat besi yang dapat membahayakan penderita anemia. Dosis konsumsi kunyit yang aman adalah 12gr perhari selama maksimal 3 bulan (Gupta et al., 2015).

Kunyit juga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat-obat berikut :

  • Obat antikoagulan atau obat yang memperlambat penggumpalan darah, karena kunyit dikhawatirkan dapat meningkatkan efek dari obat-obatan ini (Warfarin, Clopidogrel, dan Aspirin) yang akan mengakibatkan pendarahan.
  • Obat untuk menurunkan asam lambung. Kunyit dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menganggu kinerja obat ini (Cimetidine, Famotidine, Ranitidine, Esomeprazole, Omeprazole, dan
    Lansoprazole).
  • Obat untuk penderita diabetes. Kunyit dikhawatirkan dapat menyebabkan hipoglikemia.
  • Obat-obatan herbal yang berfungsi untuk memperlambat penggumpalan darah (bawang putih, jahe, ginsneg, ginkgo, cengkeh, dan semanggi merah), karena dikhawatirkan dapat menyebabkan pendarahan dan memar (Mayanglambam et al., 2010).

Kesimpulannya adalah, kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jika penggunaannya tidak berlebihan dan memperhatikan efek samping serta interaksinya dengan obat lain. Jika Anda tertarik untuk mencoba mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kunyit, Anda dapat mencoba Relief Sari Kunyit dari Herbana atau Superfood Turmeric Extract Powder dari Herbilogy.

Anda bisa mendapatkan suplemen ekstrak kunyit di Vitamin Diskon atau dapat melalui IG @vitamindiskon.

Referensi :
EL-Kenawy, A. E.-M., Hassan, S. M. A., Mohamed, A. M. M., & Mohammed, H. M. A. (2019). Tumeric or Curcuma longa Linn. Nonvitamin and Nonmineral Nutritional Supplements, 447–453. doi:10.1016/b978-0-12-812491-8.00059-x