Atasi Rematik dan Asam Urat dengan Daun Seledri

Bagi kamu yang suka masak, pasti tidak asing lagi dengan Seledri. Seledri atau Celery dengan nama latin Apium graveolens L. biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan lalapan, namun, tahukah kamu bahwa seledri ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal?

0
215
A woman holding her wrist which is in pain
Asam Urat. Background photo created by freepik - www.freepik.com

Bagi kamu yang suka masak, pasti tidak asing lagi dengan Seledri. Seledri atau Celery dengan nama latin Apium graveolens L. biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan lalapan, namun, tahukah kamu bahwa seledri ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal?

Biji seledri biasanya digunakan untuk mengobati nyeri sendi, karena mengandung senyawa anti radang yang dapat meredakan bengkak dan nyeri pada sendi. Selain itu, biji seledri juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan sendi. Tanaman ini juga dapat membantu mengurangi degenerasi sendi yang kerap terjadi seiring bertambahnya usia, hingga menyembuhkan Rheumatoid Arthritis berkat kandungan phthalides yang bersifat antirematik dan memiliki efek menenangkan dan menstimulasi syaraf. Kandungan mineral yang terdapat dalam seledri seperti Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Sodium, dan Seng berperan penting dalam memperbaiki jaringan penyambung (ikat) sehingga dapat memperlambat penyebaran arthritis.

Tak hanya itu, daun dan biji seledri juga mengandung serat dan berbagai macam vitamin penting seperti Vitamin C, Vitamin B1, B2, B6, dan Vitamin A serta Asam Folat. Dan yang lebih mengagetkan lagi, ternyata ekstrak dari tanaman ini mengandung Omega-6 dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Wah, ternyata banyak sekali ya kandungan nutrisi dari seledri!

Daun dan biji seledri juga mengandung serat dan berbagai macam vitamin penting seperti Vitamin C, Vitamin B1, B2, B6, dan Vitamin A serta Asam Folat

Karena kandungannya yang super ini, seledri dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, diantaranya :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Masalah pencernaan
  3. Asam urat
  4. Rheumatik
  5. Asma dan Bronkitis
  6. Masalah saluran kencing
  7. Sakit kepala

Walaupun seledri memiliki banyak manfat, disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan turunnya kadar kalium di dalam tubuh. Disarankan juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak seledri jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan antikoagulan.

Jika Anda menderita penyakit asam urat atau rheumatik, Anda bisa mengonsumsi suplemen dengan eksrak seledri untuk meringankan rasa nyeri yang Anda alami. Berikut adalah rekomendasi suplemen dengan ekstrak seledri :

  • Blackmores Celery 7000, terbuat dari fomula esktrak biji seledri (7000mg) yang dapat membantu menghilangkan nyeri pada sendi dan pembengkakan akibat asam urat dan rematik. Kandungan antiinflamasi, analgesik dan sifat diuretik yang signifikan dapat membantu mengurangi rasa sakit karena radang sendi dan rematik.
  • Natures Plus Regeneration, mengandung esktrak biji seledri dan glukosamin yang menjaga kesehatan otot dan daerah persendian, zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia, serta vitamin C dan echinacea untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai gangguan kesehatan seperti batuk akibat virus atau bakteri, pasca operasi, pasca perawatan, dll.

Anda bisa mendapatkan suplemen dengan ekstrak seledri di Vitamin Diskon atau dapat melalui IG @vitamindiskon.

Referensi :
Malhotra, S. . (2012). Celery. Handbook of Herbs and Spices, 249–267. doi:10.1533/9780857095688.249