Minyak Zaitun dan Manfaatnya untuk Kulit dan Rambut

Minyak Zaitun diyakini mempunyai banyak manfaat bagi kulit, mulai dari melembapkan, melindungi dari efek jahat sinar UV, hingga membuat kulit terlihat lebih awet muda. Namun, apakah benar? Dan kenapa sih, Minyak Zaitun bisa memiliki banyak manfaat untuk kulit?

0
349
olive oils on tables with leaves and olives
Minyak Zaitun. Food photo created by freepik - www.freepik.com

Minyak Zaitun diyakini mempunyai banyak manfaat bagi kulit, mulai dari melembapkan, melindungi dari efek jahat sinar UV, hingga membuat kulit terlihat lebih awet muda. Namun, apakah benar? Dan kenapa sih, Minyak Zaitun bisa memiliki banyak manfaat untuk kulit?

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun. Minyak zaitun banyak ditemui di negara Mediterania, Afrika, Arab, India, dan Asia. Minyak zaitun sudah digunakan semenjak tahun 4000 SM sebagai makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik. Bangsa Mesir kuno biasa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap kulit dan rambut, sedangkan bangsa Romawi menggunakannya untuk menyembuhkan luka. Terdapat beberapa jenis minyak zaitun, yaitu virgin olive oil, extra virgin olive oil, pure olive oil, dan light olive.

Flat lay yellow red black olives in spoons with leaves and oil bottles.
Berbagai jenis minyak zaitun. Background photo created by freepik – www.freepik.com

Extra Virgin Olive Oil mengandung 98% – 99% Trigliserida, yang terdiri dari Asam oleat, Asam Linoleat dan Asam alfa linoleat. Virgin Olive Oil mengandung antioksidan Tokoferol yang diperkaya dengan Asam lemak tak jenuh ganda. Virgin Olive Oil juga mengandung Beta-karoten, Lutein, Squalene dan berbagai senyawa fenolik yang baik untuk tubuh.

Dalam hal kecantikan, minyak zaitun sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Mulai dari melembapkan, melindungi dari efek jahat sinar UVA dan UVB, hingga menjaga kulit tetap terlihat awet muda. Manfaat minyak zaitun untuk kulit dan kuku diantaranya :

  • Melembapkan kulit
  • Menguatkan kuku
  • Melindungi kulit dari efek jahat sinar UV
  • Mengurangi resiko kanker kulit

Minyak zaitun juga ternyata bermanfat untuk rambut, lho. Minyak ini dipercaya dapat mengurangi kadar stress rambut, yang akan mengurangi kerusakan rambut secara signifikan. Mengoleskan minyak zaitun ke rambut dapat melembapkan rambut dan melindungi protein rambut dari kerusakan. Minyak zaitun juga dapat mengurangi ketombe yang disebabkan oleh jamur.

Selain manfaatnya untuk kulit, kuku, dan rambut, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai scrub bibir alami dengan mencampurkan gula ke dalam minyak zaitun.

Nah, melihat segudang manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun, khususnya untuk kulit, apakah kamu sudah mulai tertarik untuk menggunakan produk skincare yang mengandung ekstrak minyak zaitun? Jika iya, maka kamu bisa mencoba menggunakan produk Dalan D’Olive. Dalan D’Olive merupakan produk yang berasal dari Turki yang telah melewati standar kelulusan ISO dan memiliki sertifikat halal.

Anda bisa mendapatkan produk Dalan D’Olive di Vitamin Diskon atau dapat melalui IG @vitamindiskon.

Referensi :
Badiu, D., Luque, R., & Rajendram, R. (2010). Effect of Olive Oil on the Skin. Olives and Olive Oil in Health and Disease Prevention, 1125–1132. doi:10.1016/b978-0-12-374420-3.00123-6
Viola, P., & Viola, M. (2009). Virgin olive oil as a fundamental nutritional component and skin protector. Clinics in Dermatology, 27(2), 159–165. doi:10.1016/j.clindermatol.2008.01.008
Foscolou, A., Critselis, E., & Panagiotakos, D. (2018). Olive oil consumption and human health: A narrative review. Maturitas. doi:10.1016/j.maturitas.2018.10.013